Rahasia Motherboard
Temukan rahasia dibalik motherboard..
Democrazy? It's Democracy!
Lebih mengenal apa arti demokrasi tidak hanya demo..
This is default featured slide 3 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.
This is default featured slide 4 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.
This is default featured slide 5 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.
Sabtu, 21 Januari 2017
10 BIDANG KEAHLIAN IT YANG PALING BANYAK DICARI
Sejumlah 334 eksekutif IT yang ikut serta dalam survey yang dilakukan Computerworld membagi rencana rekrutmen yang akan dilakukannya di tahun 2013 mendatang. Lebih dari sepertiga (33%) diantaranya berencena untuk melakukan renkrutmen tenaga baru di 2013. Angka ini naik dari 29% pada survey tahun sebelumnya dan 23% pada 2010.
Menurut survey yang dirilis September 2012 ini, secara umum pada tahun 2013 menyatakan bahwa fokus kebutuhan SDM tertinggi adalah pada skill teknis untuk pengembangan, integrasi dan manajemen teknologi baru dan invoasi yang dapat menumbuhkan bisnis dan menciptakan keuntungan kompetitif bagi perusahaan.
Berikut ini adalah 10 kompetensi IT teratas yang akan paling banyak dibutuhkan pada rekrutmen 2013 sebagaimana dikutip manajemen-ti dari itcareerfinder:
Sekitar 60% dari eksekutif IT responden berencana untuk merekrut para developer baru di 2013. Perusahaan-perusahaan mereka akan mengembangkan sistem, aplikasi, dan meng-upgrade website yang sempat mereka tunda selama resesi yang lalu. Hal inilah yang mendorong kebutuhan akan tenaga-tenaga web developer, computer programmer dan software engineer kompeten untuk membantu mereka.
Hot Programming Skills: Java | Java Enterprise Edition (J2EE) | .Net | PHP
Banyaknya proyek pengembangan dan upgrade sistem dan teknologi, ditambah dengan kompleksitas proyek yang semakin tinggi mengingat kebutuhan konektivitas antar sistem, berdampak pada meningkatnya kebutuhan terhadap para project manager yang kompeten dan berpengalaman. Sekitar 40% dari eksekutif berencana mendatangkan project manager baru pada 2013.
Hot PM Skills: Systems Development | Business Analysis | Sertifikasi PMP
Mengimplementasikan sistem baru akan berdampak pula pada kebutuhan teknisi help desk untuk menangani peningkatan volume permintaan layanan. Kebutuhan tenaga technical support ini akan semakin bertambah lagi pada 2013 seiring dengan kemungkinan akan berpindahnya banyak perusahaan ke Windows 7 sebelum siklus dukungan terhadap Windows XP berakhir di 2014.
Hot Help Desk Skills: Mobile Device Support | Windows 7 Deployment | Skil Komunikasi Interpersonal
Kebutuhan terhadap spesialis IT Security (IT Risk) melonjak 10 poin dari survey tahun lalu menjadi 27%. Serangan-serangan cyber akan terus meningkat dari sisi lingkup maupun kompleksitasnya. Disamping itu risiko inheren yang terdapat pada penerapan teknologi baru juga semakin membuat kebutuhan terhadap kompetensi keamanan dan risiko TI ini menjadi pertimbangan utama bagi para eksekutif di 2013.
Hot Security Skills: Enterprise & Military Enclave Security | Cloud & Virtual Security | Manajemen Risiko
Pengembangan solusi-solusi dan storage berbasis cloud berarti organisasi dapat menangkap dan mengelola lebih banyak data dibanding sebelumnya. Para profesional IT dengan keahlian untuk menganalisis dan mentransformasi data ini ke dalam format business intelligence untuk mendukung pengambilan keputusan dan peningkatan kinerja yang lebih baik akan banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar.
Hot BI Skills: Big Data Analytics | Mathematics & Statistics Aptitude | Kecerdasan/Pemahaman Bisnis yang kuat
Ini merupakan pendatang baru dalam daftar kebutuhan kompetensi TI. Para ahli komputasi awan dan software as a service (SaaS) akan menikmat rekor kebutuhan terhadapnya di 2013, seiring dengan bisnis yang terus mengadopsi dan melebarkan solusi cloud-computing-nya untuk menekan biaya operasional. Sejumlah 25% dari eksekutif berencana untuk merekrut tenaga baru untuk area yang sedang cepat tumbuh ini. Sejumlah 43% perushaan akan meningkatkan anggaran IT nya di 2013.
Hot Cloud Skills: Cloud Architecture & Configuration | SaaS Agreement Negotiation | Cloud Security
Peningkatan ROI, efisiensi dan ketersediaan sumber daya TI membuat virtualisasi komponen kritikal dari strategi IT modern. Sejumlah 24% dari eksekutif IT merencanakan untuk merekrut spesialis virtualisasi di 2013.
Hot Skills: Virtualization Administration | Virtual Security | Sertifikasi VCP5
Kompetensi networking ini turun dari peringkat 4 tahun lalu ke nomor 8 tahun ini (antara lain karena adanya pemisahan dengan cloud dan virtualisasi). Betapapun kebutuhan terhadap skill ini masih akan terus ada, tak peduli bagaimanapun kondisi ekonomi dan eksternal yang terjadi.
Hot Networking Skills: Cisco Network Administration | VOIP | Non-Virtual to Virtual Network Conversion
Inovasi dan kemajuan teknologi yang cepat pada kemampuan tablet dan smartphone telah pula meningkatkan penggunaannya oleh bisnis dan konsumen. Perusahaan dan lembaga pemerintahan pada berbagai ukuran pun mencari profesional IT dan developer yang dapat menangani kebutuhan yang muncul akibat penetrasi piranti mobile yang masif ini.
Hot Mobile Skills: Android & iOS Application Development | Mobile Device Management | Mobile Security
Disamping posisinya yang kesepuluh, tapi prospek pekerjaan spesialis datacenter ini adalah salah satu yang terbaik, mengingat sejumlah perusahaan melaporkan kesenjangan skill yang signifikan di area ini, yang berarti akan terdapat lowongan pekerjaan yang lebih banyak lagi bagi para profesional di bidang ini untuk mengisinya.
Hot Data Center Skills: Server/Data Center Operations | Systems Integration | Database Management
Keahlian yang saya minati :
Dari 10 bidang keahlian IT di atas, yang paling saya minati adalah yang no.1 yaitu "Pemrograman dan Pengembangan Aplikasi". Karena bidang itu adalah yang paling saya kuasai karena mengenai pemrograman dan pengembangan aplikasi, dan saya sudah memahami beberapa bahasa pemrograman hingga membuat aplikasi sendiri.
Saya berharap dapat membuat beberapa aplikasi atau alat yang dapat membantu memudahkan banyak orang dalam menjalani kehidupan mereka.
Minggu, 06 November 2016
Fungsi-fungsi Manajemen
Manajemen
Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi Mary Parker Follet ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal.
Fungsi-fungsi Manajemen
Fungsi fungsi manajemen menurut para ahli yang satu dengan yang lainnya secara umum memiliki banyak kesamaan.
Fungsi Manajemen terdiri atas 4 fungsi yang utama beserta contohnya, yaitu :
1. Planning ( fungsi perencanaan )
Contoh : Bisnis restoran,yang termasuk dalam kegiatan perencanaan adalah ketika kita menetapkan mengapa kegiatan bisnis restoran dilakukan, siapa yang akan dijadikan konsumen, bagaimana keinginan konsumen tersebut, dan bagaimana agar kita dapat memenuhinya.2. Organizing ( fungsi pengorganisasian )
Contoh : Bisnis restoran, Adapun dalam kegiatan pengorganisasian adalah ketika menetapkan berapa banyak orang yang kita perlukan untuk menjalankan bisnis restoran atau rumah makan, tugasnya apa saja, termasuk didalamnya bagaimana mendapatkan orang-orang tersebut untuk bisa bekerja bersama kita.
3. Directing ( pengarahan )
Contoh : Bisnis restoran, Yang tercakup dalam kegiatan pengimplementasian adalah proses pengerjaan yang dilakukan oleh setiap orang-orang yang bekerja bersama kita, proses memotivasi orang-orang agar bisa bekerja dengan berorientasi pada kualitas.
4. Controlling ( pengendalian )
Contoh : Bisnis restoran, Yang tercakup dalam kegiatan Pengendalian dan pengawasan Kegiatan pengecekan apakah para pegawai kita telah melayani pelanggan dengan baik, apakah makanan yang disajikan tidak basi dan sebagainya.
Untuk memperoleh hasil secara maksimal, para manajer harus mampu menguasai seluruh fungsi manajemen yang ada.
Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen#Fungsi
http://nichonotes.blogspot.co.id/2015/02/fungsi-manajemen.html
http://rizkitaamallia.blogspot.co.id/2013/07/management.html
Minggu, 16 Oktober 2016
Proposal Pendirian Usaha Konsultan dan Instalasi Komputer dan Jaringan “Comp 2 Us”
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
Perkembangan teknologi pada zaman sekarang melaju
begitu pesat. Teknologi komputer berkembang makin pesat seiring waktu. Dewasa
ini komputer sudah bukan menjadi barang mewah lagi melainkan kebutuhan sekunder
yang sangat membantu manusia dalam menjalankan kehidupan sehari-hari baik di
rumah, di sekolah, di kampus terlebih lagi di kantor.
Jaringan
komputer merupakan sebuah sistem yang menghubungkan dua atau lebih komputer
sehingga dapat memudahkan dalam mengimplementasikan berbagai kelebihan. Tak
jarang meskipun instalasi jaringan komputer memakan biaya yang tidak sedikit,
namun masyarakat tetap melakukannya demi kemudahan yang diperoleh. Perubahan
zaman juga sering memaksa mereka untuk memperbarui jaringan agar tetap dapat
memenuhi kebutuhan.
Kami
melihat masalah ini sebagai peluang bisnis di bidang informatika. Dengan
mengumpulkan modal yang kami miliki dan tekad untuk menerapkan wawasan
berwirausaha, maka kami sepakat untuk mendirikan sebuah perusaahan kecil
sebagai konsultan dan jasa instalasi komputer dan jaringan.
BAB II
PROFIL PERUSAHAAN
PROFIL PERUSAHAAN
2.1.
Bidang Usaha
Comp
2 Us adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa konsultan dan instalasi
komputer dan jaringannya.
2.2
Visi
Menjadi
perusahaan terdepan di bidang jasa konsultasi dan instalasi komputer dan
jaringan yang mengutamakan kompatibilitas peralatan dengan teknologi masa
depan.
2.3
Misi
Misi
Comp 2 Us untuk mencapai visi di atas adalah :
1.
Memberikan solusi terbaik bagi pelanggan dalam
menangani masalah komputer dan jaringan.
2.
Membantu merealisasikan jaringan komputer masa
depan bagi pelanggan.
2.4
Tujuan
Tujuan
dari usaha pembukaan perusahaan ini adalah :
1.
Mengembangkan minat berwirausaha. Dengan
mendirikan usaha berarti memulai tantangan dalam memanajemen sebuah bisnis. Hal
ini dapat meningkatkan kreatifitas, inovasi dan upaya-upaya dalam memanfaatkan
peluang.
2.
Menciptakan lapangan pekerjaan baru. Sebuah usaha
sekecil apapun pasti akan membuka kesempatan kerja. Usaha kecil meskipun tidak
mampu merekrut banyak karyawan, namun setidak-tidaknya telah merekrut diri
sendiri yang berarti angka pengangguran
telah berkurang satu.
2.5
Lokasi
Perusahaan
ini berlokasi di Jalan Mangga Besar Raya, No. 101, Jakarta 10730. Lokasi ini
kami pilih karena strategis dan berada di tengah-tengah kota Jakarta dan
berdekatan dengan pusat komputer Mangga Dua.
2.6
Perizinan
Sebelum
mendirikan perusahaan ini, kami telah mengurus berbagai perizinan ke beberapa
pihak terkait antara lain :
1.
Surat Keterangan RT
2.
Surat Keterangan RW
3.
Surat Keterangan Kelurahan
4.
Surat Keterangan Kecamatan
5.
Nomor Pokok Wajib Pajak
6.
Surat Izin Usaha Perdagangan
BAB III
PRODUK
PRODUK
Sesuai dengan visi dan misi kami yaitu menjadi
perusahaan yang terbaik dalam menangani instalasi computer dan jaringan, produk
yang kami hadirkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan adalah :
3.1.
Instalasi Jaringan
Jaringan
yang berkembang pesat membuat kami berfikir keras bagaimana agar memuaskan
pelanggan, karena perkembangan teknologi semakin hari semakin cepat dan tak
terkecuali perangkat jaringan computer. Maka dari itu kami melakukan yang
terbaik pada setiap pengerjaan yang kami lakukan. Instalasi jaringan yang kami
lakukan yaitu :
1.
Tinjauan lokasi
Pada langkah ini, kami melakukan pertemuan dengan
pelanggan kami, meninjau lokasi yang akan diinstalasi jaringan, mengumpulkan
data sebanyak mungkin untuk digunakan pada tahap selanjutnya.
2.
Perencanaan
Setelah kami mengumpulkan data pada tahap
sebelumnya, kami melakukan perencanaan terbaik untuk diterapkan dilokasi
pelanggan. Kami selalu mempunyai beberapa solusi untuk dibicarakan lebih lanjut
kepada pelanggan, karena pelanggan kami mempunyai kebutuhan atau spesifikasi
tertentu terhadap biaya, perangkat yang dibutuhkan dan sebagainya.
3.
Konsultasi dengan konsumen
Pada tahap ini kami lakukan setelah kami melakukan
perencanaan dengan beberapa solusi yang sudah matang untuk pelanggan. Kami
membicarakan mengenai solusi-solusi yang bisa diterapkan pada saat instalasi.
4.
Implementasi
Setelah kami melakukan konsultasi dengan pelanggan
dan mendapatkan solusi terbaik untuk instalasi jaringan, maka pada tahap ini
kami melakukan instalasi jaringan sesuai dengan kesepakatan pelanggan.
5.
Maintenance
Langkah yang kami lakukan selanjutnya setelah
implementasi yaitu maintenance, kami akan melakukan cek berkala terhadap
jaringan yang telah kami tangani, dan memperbaiki apabila terdapat kerusakan
atau kekurangan.
3.2.
Konsultasi Jaringan Komputer
Selain
melayani instalasi jaringan, kami juga melayani konsultasi jaringan komputer.
Konsultasi yang dimaksud adalah semua hal yang berkaitan dengan permasalahan
jaringan komputer yang dialami oleh instansi, perusahaan, maupun pemerintahan.
3.3.
Maintenance Jaringan Komputer
Layanan kami selanjutnya adalah maintenance atau
pemeliharaan jaringan komputer. Pelanggan yang telah menggunakan layanan ini
nantinya akan dilakukan pemeliharaan secara berkala terhadap jaringan komputer
yang telah disepakati untuk maintenance.
3.4.
Instalasi Komputer
Instalasi
Komputer merupakan layanan terakhir kami dimana layanan kami ini melakukan
instalasi program komputer termasuk diantaranya sistem operasi, maupun program
pendukung yang digunakan.
BAB IV
MANAJEMEN
MANAJEMEN
4.1.
Struktur Organisasi
Berikut
adalah struktur organisasi dari Comp 2 Us :
4.2.
Tanggung Jawab Dan Wewenang
1.
Direksi (Direktur dan Wakil Direktur)
a.
Bertanggung jawab kepada pemilik modal
b.
Bertanggung jawab kepada jasa yang ditawarkan
c.
Bertanggung jawab pada kelengkapan barang
d.
Bertanggung jawab kepada harga, quantitas,
qualitas
e.
Bertanggung jawab atas keuntungan hasil penjualan
jasa
f.
Mengontrol manajemen
g.
Mengontrol kinerja perusahaan
h.
Menentukan kebijakan–kebiakan strategi
2.
Keuangan
a.
Mengontrol investasi perusahaan
b.
Mengontrol kasir dan mesin registrasi
c.
Mengontrol faktur, PO harga jual dan label harga
d.
Mengontrol target dan realitas
e.
Mengontrol pendapatan
f.
Mengontrol penyiapan uang
3.
Pemasaran
a.
Menawarkan dan menjelaskan jasa apa saja yang akan
diberikan kepada klien
b.
Memelihara hubungan baik dengan konsumen atau
customer
4.
Teknisi
a.
Memberikan pelayanan yang terbaik terhadap
konsumen
b.
Membuat pemasangan alat lebih teliti agar konsumen
puas terhadap pelayanan
c.
Memeriksa barang yang rusak pada proses
pemeliharaan
BAB V
KEUANGAN
KEUANGAN
5.1.
Modal
Modal
merupakan hal yang sangat penting saat mendirikan sebuah usaha. Modal awal
berguna sebagai sumber keuangan untuk semua keperluan yang dibutuhkan oleh
perusahaan saat perusahaan belum memperoleh pendapatan dari sumber lain.
Sebagai
modal awal untuk mendirikan perusahaan ini, kami mengumpulkan modal dari uang
pribadi kami masing-masing dan pinjaman dari bank.
5.2.
Rencana Anggaran Biaya
Berikut
ini adalah rencana anggaran biaya yang akan dikeluarkan saat pertama kali usaha
didirikan.
Modal Awal
|
Jumlah
|
4 Personal Computer
|
Rp. 12.000.000,-
|
2 Printer
|
Rp.
1.200.000,-
|
Renovasi Tempat
|
Rp. 1.500.000,-
|
Publikasi
|
Rp.
1.000.000,-
|
Sewa Tempat
|
Rp. 10.000.000,-
|
Working Capital
|
Rp.
2.000.000,-
|
Tambah Daya Listrik
|
Rp. 600.000,-
|
Cadangan
|
Rp.
1.700.000,-
|
Total
Modal Awal
|
Rp. 30.000.000,-
|
BAB VI
PEMASARAN
PEMASARAN
6.1
Target Pasar
Segmen
pasar yang kami targetkan adalah instansi, perusahaan, dan individual
(perumahan) yang berada di daerah Jakarta dan sekitarnya. Hal ini kami lakukan
karena daerah Jakarta merupakan daerah ibu kota dan lokasi kami berdekatan
dengan pusat komputer yang sudah banyak dikenal oleh konsumen. Tentunya
kebutuhan akan komputer dan jaringannya akan berdampak pada permintaan yang
cukup banyak. Oleh karena itu kami mengambil wilayah Jakarta sebagai target
pasar.
6.2
Perkiraan Permintaan
Melihat
perkembangan jaringan komputer yang semakin melaju dengan pesat termasuk sedang
maraknya cloud computing, membuat kami mempertimbangkan permintaan perbulannya
adalah sebagai berikut :
1.
Permintaan instalasi jaringan
µ Pemerintahan : 5 Instansi pemerintahan
µ Instansi : 10 Instansi swasta
µ Individual
(perumahan) : 20 rumah
2.
Konsultasi jaringan komputer
µ Pemerintahan : 4 Instansi pemerintahan
µ Instansi : 10 Instansi swasta
µ Individual
(perumahan) : 3 rumah
3.
Maintenance jaringan komputer
µ Pemerintahan : 6 Instansi pemerintahan
µ Instansi : 15 Instansi swasta
µ Individual
(perumahan) : 30 rumah
4.
Instalasi komputer :
µ Pemerintahan : 4 Instansi pemerintahan
µ Instansi : 15 Instansi swasta
µ Individual
(perumahan) : 30 rumah
6.3
Strategi Penjualan
Berikut
adalah berbagai strategi penjualan yang kami lakukan.
1.
Mempromosikan jasa secara langsung
Mempromosikan di sini maksudnya adalah pengajuan
proposal mengenai instalasi jaringan, konsultasi jaringan, maintenance jaringan
ataupun instalasi computer tergantung kebutuhan pelanggan.
2.
Membuat website perusahaan
Website digunakan sebagai media pemasaran online,
sekaligus sebagai pengenalan perusahaan. Website kami pilih karena pengguna
internet semakin lama semakin banyak.
3.
Memberikan multi solusi bagi pelanggan
Strategi ini merupakan keunikan perusahaan kami
dari perusahaan lain, karena dengan memberikan solusi yang banyak pelanggan
bisa lebih mudah dalam memilih tipe apa yang akan dikerjakan nantinya.
4.
Bekerja maksimal
Selain hal-hal diatas yang sepatutnya dikerjakan
pada setiap perusahaan yaitu bekerja maksimal pada setiap pekerjaan.
6.4
Identifikasi Pesaing
Untuk
mengetahui jumlah dan jenis serta kekuatan dan kelemahan dari pesaing,
identifikasi yang kami lakukan meliputi :
1.
Jenis produk yang ditawarkan
Kami menganalisa produk yang ditawarkan oleh
perusahaan yang menjalankan produk yang sama.
2.
Melihat besarnya pasar yang dikuasai
Kami melihat seberapa banyak pertumbuhan
perusahaan pesaing terhadap pasar. Dan apakah pelanggan kami sebelumnya ada
yang beralih ke perusahaan pesaing.
3.
Identifikasi peluang dan ancaman
Kami melihat dan menganalisa peluang dan acaman
perusahaan pesaing bagi perusahaan kami. Menganalisa apa saja dampak dari
perusahaan pesaing bila meluncurkan produk baru atau melakukan promosi.
4.
Identifikasi keunggulan dan kelemahan
Selanjutnya kami menganalisa keunggulan dan
kelemahan perusahaan pesaing terhadap perusahaan kami, sehingga dapat menjadi
acuan kami untuk berkembang lebih baik daripada sebelumnya.
BAB VII
RESIKO
RESIKO
7.1.
Evaluasi Resiko
Dalam
manajemen kerja harus mengendalikan tiga yakni produk yang dihasilkan, waktu,
dan biaya. Dari ketiga aspek tersebut terdapat beberapa resiko, yaitu :
1.
Produk
Produk yang dihasilkan terkadang kurang diminati
oleh konsumen. Hal ini disebabkan banyak faktor, antara lain fitur yang
ditawarkan kurang memadai, model yang kurang disukai dan lain sebagianya.
2.
Waktu
Waktu sangat berpengaruh dalam proyek bisnis
informatika. Perkembangan teknologi melaju dengan cepat. Bila dalam pengerjaan
proyek memakan waktu terlalu lama, maka akan menyebabkan bisnis menjadi
tertinggal karena selera konsumen pun akan berubah mengikuti perkembangan
teknologi.
3.
Biaya
Biaya juga merupakan hal yang harus diperhatikan.
Biaya yang terlalu banyak dikeluarkan dalam pengerjaan sebuah proyek tentu akan
menaikkan harga jual produknya. Harga jual yang relatif tinggi dapat mengurangi
minat dan daya beli konsumen.
7.2.
Penanggulangan Resiko
Setelah
memperhatikan ketiga aspek resiko tersebut di atas, kita dapat membuat strategi
dalam penanggulangannya, yaitu :
1.
Mempelajari terlebih dahulu tentang seperti apa
spesifikasi dari produk yang diinginkan oleh calon konsumen.
2.
Mengatur jadwal dalam pengerjaan proyek sehingga
manajemen waktu dapat dimaksimalkan.
3.
Menghitung perkiraan biaya yang akan dikeluarkan
dalam pengerjaan proyek sehingga anggaran dapat ditekan tanpa mengurangi
kualitas dari produk.
BAB VIII
PENUTUP
PENUTUP
Demikian proposal pendirian usaha Comp 2 Us ini
kami buat. Kami menyadari bahwa dalam penyusunan proposal ini masih banyak
kekurangan dan masih jauh dari kesempurnaan, tetapi potensi keberhasilan
rencana usaha yang penulis sarankan sangatlah besar, karena di tunjang oleh
peluang usaha yang baik juga kemauan
usaha dari penulis. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat
kami harapkan.
Sumber : http://inderagunawan.blogspot.co.id/2014/01/proposal-pendirian-usaha-konsultan-dan.html