Senin, 17 Februari 2014

Bacteria & Logic Bomb

Bacteria
Bacteria adalah program yang mengkonsumsi sumber daya sistem dengan mereplikasi dirinya sendiri. Bacteria tidak secara eksplisit merusak file. Tujuan program ini hanya satu,yaitu mereplikasi dirinya. Program bacteria yang sederhana bisa hanya mengeksekusi dua kopian dirinya secara simultan pada sistem multiproramming atau menciptakan dua file baru, masing-masing adalah kopian file program bacteria.Kedua kopian ini kemudian mengkopi dua kali dan seterusnya. Bacteria bereproduksi secara eksponensial, dengan cepat mengambil alih seluruh kapasitas pemroses, memori atau ruang disk, mengakibatkan penolakan pengaksesan pemakai ke sumber daya.

Logic Bomb

  • Merupakan program komputer yang berada dalam sebuah komputer yang akan aktif apabila beberapa kondisi terpenuhi (biasanya berkaitan dengan waktu; jam, tanggaldsb).
  • Logic Bomb adalah istilah untuk kode program yang ditempatkan pada sebuah sistem aplikasi yang diatur akan mengeksekusi perintah tertentu jika suatu kondisi ditemukan.

Bom yang satu ini bukan sembarang bom yang akhir-akhit ini beritanya sering kita dengar di berbagai media massa. Bom ini akan ditempatkan atau dikirimkan secara diam-diam pada suatu sistem komputer yang menjadi target dan akan meledak bila pemicunya diaktifkan. Berdasarkan pemicu yang digunakan, Logic Bomb dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu software bomb, logic atau condition bomb, time bomb. Software bomb akan meledak jika dipicu oleh suatu software tertentu, dan Logic atau condition bomb akan meledak pada waktu yang telah ditentukan. Akibat yang ditimbulkan oleh logic bomb umumnya cukup fatal. Dan seperti layaknya sebuah bomb, logic bomb hanya dapat dicegah sebelum meledak.

Contoh Kasus Logic Bomb
Donald Burleson seorang programmer perusahaan asuransi di AmerikaIa dipecat karena melakukan tindakan menyimpang. Dua hari kemudian sebuah logic bomb bekerja secara otomatis mengakibatkan kira-kira 160.000 catatan penting yang terdapat pada komputer perusahaan terhapusPerubahan ini dapat dilakukan oleh seseorang yang berkepentingan atau memiliki akses ke proses komputer.

1 komentar:

  1. I guess I am the only one who came here to share my very own experience. Guess what!? I am using my laptop for almost the past 2 years, but I had no idea of solving some basic issues. I do not know how to Download Cracked Pro Softwares But thankfully, I recently visited a website named wahabtech.net
    Kaspersky Rescue Disk Crack

    BalasHapus